Monday, July 16, 2007

Self Monitoring

Saya sedang menyukai hal-hal yang berpusat pada diri sendiri, yang pake self self gitu. Jadi topik kali ini juga pake self.

Kualitas kepemimpinan seseorang bukan hanya ditentukan oleh bagaimana dia membentuk follower, tetapi juga ditentukan oleh kemampuannya menahan diri untuk tidak melakukan intervensi pada kewenangan orang lain. Jika orang lain itu bawahannya, maka ini ada kaitannya dengan yang disebut empowerment. Siapkah "sang pemimpin" membiarkan proses pembelajaran bagi subordinatnya? Termasuk membiarkan kesalahan terjadi dan menjadikannya pelajaran. Jika yang dihadapinya kolega nya siapkah untuk menahan diri tidak mendominasi pendapat atau diskusi? Intinya ada pada kemampuan untuk memonitor situasi dan mengendalikan diri. Dua hal ini memang sulit dilakukan. Untuk mahasiswa misalnya, kemampuan ini menentukan bagaimana dia dapat menilai dirinya, dalam situasi tertentu, mampukah dia menyesuaikan diri dengan tuntutan atau ekpspektasinya sendiri. Nah yang terakhir itu sudah self motivating deh.

Begini, diyakini bahwa perilaku itu dipelajari. Sepanjang hidup manusia adalah belajar. Motivasinya bisa jadi karena reward atau punishment (positive or negative enforcement) bisa juga kesadaran internal akan manfaat dari yang dipelajarinya. Seberapa berat pun kuliah S3 yang mesti dijalani ini, karena kesadaran bahwa ini lah jalan untuk survive, maka pasti dijalani dengan segala resikonya tentu. ya enggak pak Zeffry...

Jadi dalam mengembangkan diri melalui proses learning dalam arti kata yang luas (learning mengandung arti change, jika tidak ada perubahan no learning at all)
1. kesadaran diri itu penting, ini menjadi syarat perlu bagi pengembangan diri.
2. kepekaan akan situasi untuk menilai diri sendiri dan menilai lingkungan, untuk dapat bertindak sesuai dengan kebutuhan, nah ini sudah masuk self monitoring. Kalau nyanyian kita sumbang saat berkaraoke, dan orang terpingkal-pingkal karenanya, ya sebaiknya berlatih lagi.
3. kesediaan untuk belajar dan berubah

Self monitoring bicara tentang bagaimana kita bisa mengamati lingkungan kita, mengukurnya dan beradaptasi terhadap situasi tersebut. Ini adalah bagian dari kapabilitas manusia. Menurut para pakar, kemampuan self monitoring terbagi dua:
Pertama, yang disebut dengan chameleon type, peka terhadap situasi eksternal dan kemudian dengan segera mampu menyesuaikan diri
Kedua adalah true to themself type , apapun situasinya seseorang akan berpegang pada apa yang diyakininya perlu dilakukan, dalam hal ini fokus pada diri sendiri lebih kuat.

Berikut adalah cuplikan yang diambil dari sebuah sumber di internet

High self monitors (chameleon type) memiliki ciri-ciri:

  • perilaku yang ditunjukkan berubahubah sesuai dengan konteks, dan sangat fleksibel dalam adaptasi sebagaimana seekor bunglon (chameleon),
  • memiliki kepribadian berbeda depan publik dan pribadi dan sangat berhati-hati dalam menggabungkan lingkaran sosial yang berbeda,
  • cenderung memiliki kemampuan manajemen yang baik dan unggul dalam pekerjaan yang mempengaruhi orang lain seperti seorang sales, marketer, politisi, dsb

Low self monitors (true to themself type) memiliki ciri-ciri:

  • mendasarkan perilakunya pada internal values and beliefs
  • bertindak sama di hampir setiap lingkungan sosial
  • dapat diandalkan opini nya karena senderung berkata sesuai dengan cara pandangnya
  • cenderung lebih unggul dalam pekerjaan berbasis penelitian atau proyek
So what? Kapasitas seseorang dalam self monitoring behavior dapat digunakan untuk proses seleksi, atau juga digunakan dasar untuk melihat kemampuan seseorang untuk berkembang.

Pada dasarnya manusia cenderung termotivasi untuk berperilaku berkeseuaian dengan dirinya. Secara umum perilaku seseorang dipengaruhi oleh sikapnya.

Self-monitoring mencakup tiga kecenderungan utama yang berbeda (Greenberg & Baron, 1990):

(1) kesediaan untuk menjadi pusat perhatian -- kecenderungan untuk berperilaku outgoing, extraverted ;

(2) kepekaan terhadap reaksi orang lain;

(3) kemampuan dan kesediaan untuk menyesuaikan perilaku untuk membalas reaksi positif orang lain,


Jadi apa style anda? high self monitor? atau low self monitor? Coba kuesioner berikut:

SELF-MONITORING SCALE

Developed by Mark Snyder (1974)

DIRECTIONS: The statements below concern your personal reactions to a number of different situations. No two statements are exactly alike, so consider each statement carefully before answering. IF a statement is TRUE or MOSTLY TRUE as applied to you, circle the "T" next to the question. If a statement is FALSE or NOT USUALLY TRUE as applied to you, circle the "F" next to the question.

(T) (F) 1. I find it hard to imitate the behaviour of other people.

(T) (F) 2. My behavior is usually an expression of my true inner feelings, attitudes, and beliefs.

(T) (F) 3. At parties and social gatherings, I do not attempt to do or say things that others will like.

(T) (F) 4. I can only argue for ideas which I already believe.

(T) (F) 5. I can make impromptu speeches even on topics about which I have almost no information.

(T) (F) 6. I guess I put on a show to impress or entertain people.

(T) (F) 7. When I am uncertain how to act in a social situation, I look to the behavior of others for cues.

(T) (F) 8. I would probably make a good actor.

(T) (F) 9. I rarely seek the advice of my friends to choose movies, books, or music.

(T) (F) 10. I sometimes appear to others to be experiencing deeper emotions than I actually am.

(T) (F) 11. I laugh more when I watch a comedy with others than when alone.

(T) (F) 12. In groups of people, I am rarely the center of attention.

(T) (F) 13. In different situations and with different people, I often act like very different persons.

(T) (F) 14. I am not particularly good at making other people like me.

(T) (F) 15. Even if I am not enjoying myself, I often pretend to be having a good time.

(T) (F) 16. I'm not always the person I appear to be.

(T) (F) 17. I would not change my opinions (or the way I do things) in order to please someone else or win their favor.

(T) (F) 18. I have considered being an entertainer.

(T) (F) 19. In order to get along and be liked, I tend to be what people expect me to be rather than anything else.

(T) (F) 20. I have never been good at games like charades or improvisational acting.

(T) (F) 21. I have trouble changing my behavior to suit different people and different situations.

(T) (F) 22. At a party, I let others keep the jokes and stories going.

(T) (F) 23. I feel a bit awkward in company and do not show up quite as well as I should.

(T) (F) 24. I can look anyone in the eye and tell a lie with a straight face (if for a right end).

(T) (F) 25. I may deceive people by being friendly when I really dislike them.



SCORING YOUR SELF-MONITORING QUESTIONNAIRE

Self-monitoring is the ability and desire to regulate one's public expressiveness to fit the clues and/or requirements of the situation.

SCORING KEY:

"T" and "F" (below) indicate responses of people who are high self-monitors. To calculate your self-monitoring score, place a check mark next to the questions that match the "T" and "F" responses below. Count the total number of "check" marks that appear in the margin of your survey. That number is your self-monitoring score.

A score that is between 0-12 would indicate that the respondent is a relatively low self-monitor; a score that is between 13-25 would indicate that the respondent is a relatively high self-monitor.

Question no.

T/F

Your score

Question no.

T/F

Your score

1

F

14

F

2

F

15

T

3

F

16

T

4

F

17

F

5

T

18

T

6

T

19

T

7

T

20

F

8

T

21

F

9

F

22

F

10

T

23

F

11

T

24

T

12

F

25

T

13

T

Total

No comments: