Wednesday, June 6, 2007

Gerbang Otomatis

Minggu ini ITB melakukan uji coba penggunaan gerbang otomatis. Yang dimaksud gerbang otomatis adalah portal elektronik yang bisa dibuka dengan menggunakan kartu dosen atau pegawai yang sudah didisain untuk itu. Apa istimewanya? Teknologinya biasa aja, bahkan scannernya dibuat oleh dosen dan mahasiswa (elektro) ITB. Tidak ada yang istimewa, kecuali sosialisasi yang kelihatannya masih kurang. Perubahan sistem seperti ini seperti biasa akan menimbulkan banyak komplen.
Parkir kendaraan, merupakan masalah pelik untuk ITB yang memiliki kampus dengan lahan terbatas. Sudah lama ITB membatasi kendaraan masuk kampus hanya untuk yang memiliki sticker parkir saja yang boleh masuk. Sistem sticker ini diterapkan dengan ketentuan, setiap dosen akan mendapat jatah satu sticker dengan biaya tertentu. Jika ingin sticker ke dua, (buat yang memiliki mobil lebih dari satu maka sticker kedua akan dicharge mahal sekali. Kendati demikian, masih banyak dosen atau karyawan yang minta sticker kedua. Jadi masih banyak persoalan yang dihadapi, karena kemudian ketertiban dalam kampus sulit diatur dan masih sering terjadi pencurian kendaraan dari dalam kampus. Persoalan lain yang dihadapi adalah terbatasnya jumlah satpam yang bertugas menjaga kampus. Akhir tahun 2006 ITB melakukan razia kendaraan bermotor. Semua mobil dan motor diperiksa.


Pertama, keresahan yang muncul di pegawai yang non PNS, karena tidak mendapatkan kartu identitas yang dapat digunakan untuk tanda masuk gerbang otomatis ini.

No comments: